TUGAS MaGiK 1


MANAJEMEN STRATEGIK
Lisna Untari
20206559 / 4EB11

1. a. Jelaskan bagaimana bagan proses manajemen strategi

BAGAN PROSES MANAJEMEN STRATEGI
      b. Jelaskan apa maksud dari bagan tersebut
1.      arah dan misi organisasi
Setiap organisasi pasti mempunyai visi,misi dan tujuan. Visi,misi dan tujuan ini akan menentukan arah yang akan dituju oleh organisasi. Tanpa adanya visi,misi, dan tujuan maka kinerja organisasi akan berjalan acak dan kurang jelas serta mudah berubah dan diombang-ambingkan oleh situasi eksternal.
Perubahan yang tidak mempunyai visi, misi dan tujuan seringkali bertindak  dan kurang sistematis seperti yang dilakukan oleh pedagang kecil hanya untuk memperoleh sesuap nasi. Tentunya hal ini tidak boleh terjadi bagi suatu organisasi bisnis (perusahaan) apalagi jika perusahaan tersebut boleh dikatakan skala menengah dan atas.
     
2.      Memahami lingkungan internal dan eksternal
Tujuan analisis lingkungan adalah untuk dapat mengerti dan memahami lingkungan oraganisasi sehingga Menetapkan manajemen akan dapat melakukan reaksi secara tepat terhadap setiap perubahan, selain itu agar manajemen mempunyai kemampuan merespon berbagai isu kritis mengenai lingkungan yang mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap perusahaan.
Lingkungan terdiri dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Lingkungan eksternal berada di luar perusahaan sedangkan lingkungan internal berada di dalam perusahaan.

3.      Memformulasikan strategi
Formulasi strategi melibatkan penetapan serangkaian tindakan yang tepat guna mencapai tujuan perusahaan. Formulasi strategi ini meliputi pengembangan misi bisnis, analisa SWOT yang dimaksud dengan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threat) mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal serta mengukur dan menetapkan kelemahan dan kekuatan internal dan menetapkan tujuan jangka panjang.
    
  1. Mengimplementasikan strategi
Di dalam implementasi strategi, perusahaan diharapkan menetapkan atau merumuskan tujuan perusahaan tahunan (annual objective of the business), memikirkan dan merumuskan kebijakan, memotivasi karyawan serta mengalokasikan sumber daya sehingga strategi yang telah di formulasikan dapat dilaksanakan.
Mengimplementasikan berarti menggerakan para karyawan dan manajer untuk menempatkan strategi yang telah formulasikan menjadi tindakan nyata. Implementasi strategi memerlukan kinerja dan disiplin yang tinggi tetapi juga diimbangi dengan imbalan yang memadai.

5.      Mengevaluasi dan mengawasi strategi
Evaluasi dan pengawasan strategi merupakan tahap terakhir di dalam proses strategi. Pada dasarnya evaluasi strategi mencakup 3 hal, yaitu:

1.      faktor internal dan eksternal yang menjadi dasar bagi strategi yang sedang Mereview berlangsung,
2.      Mengukur kinerja yang telah dilakukan, dan
3.      Mengambil berbagai tindakan perbaikan.

Evaluasi strategi sangat diperlukan sebab keberhasilan perusahaan dewasa ini tidak menjadi jaminan keberhasilan perusahaan di masa yang akan datang.

2    a.   Jelaskan apakah definisi MISI, TUJUAN organisasi
            Misi adalah hal yang dilakukan untuk mencapai suatu visi atau tujuan yang ingin dicapai. Misi digunakan untuk mendeskripsikan keadaan sekarang, siapakah kita, dimanakah kita sekarang (dari perspektif waktu), apa kekuatan kita, dan lain-lain.
            Tujuan adalah hal yang ingin dicapai suatu organisasi

b.   Buatkan contoh rumusan masing-masing, dengan cara jelaskan dahulu apa Definisi Bisnis (bidang usaha) organisasi/perusahaannya.
            Definisi bisnis adalah suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan laba (keuntungan).
      Contoh : PT JAKARTA PROPERTINDO
            PT. Jakarta Propertindo adalah sub holding bagi BUMD bidang properti milik Pemerintah Pemprov DKI Jakarta. Status sub-holding disandang sejak 15 Desember 2000, ketika PT. Pembangunan Pluit Jaya diubah menjadi PT. Jakarta Propertindo. PT. Pembangunan Pluit Jaya sendiri didirikan sejak September 1997 saat menerima aset-aset dari eks Badan Pengelola Lingkungan (BPL) yang sudah eksis sejak tahun 1960-an.
VISI
Menjadi Perusahaan Properti dan infrastruktur yang menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas dengan berorientasi kepada pasar dan aspek lingkungan

MISI
  • Mengembangkan aset lahan dan bangunan yang dimiliki sesuai potensi dan trend pasar
  • Mengembangkan areal lahan-lahan baru sesuai potensi pengembangan Tata Ruang Kota
  • Mengembangkan lahan dan bangunan dengan memperhatikan aspek lingkungan dan aspek pelayanan kepada konsumen
  • Mengembangkan jasa properti dan industri pendukung lainnya dengan berorientasi pada bisnis utama Perseroan
  • Mengembangkan proyek-proyek infrastruktur di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya
  • Mengembangkan lahan-lahan milik Pemprov DKI yang ideal namun memiliki nilai potensial ekonomis strategis
  • Reklamasi pantai sesuai dengan rencana pengembangan wilayah utara Jakarta
  • Mempersiapkan sumber daya manusia Perseroan menjadi center of excellence yang dapat diandalkan untuk mengisi posisi-posisi strategis pada pengembangan perusahaan sendiri maupun BUMD dilingkungan Pemprov DKI Jakarta

DESKRIPSI BISNIS
Perkembangan usaha properti tidak terlepas dari pengaruh kondisi ekonomi nasional, begitu juga PT. Jakarta Propertindo. Krisis moneter di awal-awal berdirinya perusahaan ini serta kian ketatnya persaingan di dunia usaha properti, justru menjadikan PT. Jakarta Propertindo lebih kreatif berinovasi. Terbukti pada perkembangannya, di samping terus mencatat peningkatan laba usaha, mulai tahun 2005 perusahaan ini berkomitmen meluaskan usahanya ke bidang infrastruktur. Komitment tersebut dibuktikan melalui pelibatan diri proyek pembangunan Jalan Tol dan infrastruktur Telekomunikasi, dengan tetap mengokohkan diri di bidang properti.
     
3    a.   Pengertian analisis lingkungan eksternal organisasi (EFAS)?
            EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary) adalah ringkasan atau rumusan faktor-faktor strategis eksternal dalam kerangka KESEMPATAN (Opportunities) dan ANCAMAN (Threats).

b.   Meliputi faktor apa saja yang dianalisis dalam analisis lingkungan sosial (makro) dan
            lingkungan tugas (mikro), sebutkan masing-masing?
            Lingkungan eksternal:
               Memiliki dua variabel yakni peluang (opportunity) dan acaman (threats)
               Terdiri dari dua bagian yaitu lingkungan tugas dan lingkungan umum
 Lingkungan internal:
               Memiliki dua variabel yakni kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness)
Mencakup semua unsur bisnis yang ada di dalam perusahaan seperti struktur organisasi perusahaan, budaya perusahaan dan sumber daya.



2 Response to "TUGAS MaGiK 1"

  1. Yuanita Handoko Says:

    ceng,bagannya tak nampak??????

  2. MaLoN Says:

    sekarang udah namoak khaN??
    tQ y NiTong

Posting Komentar